2 Cara Cek Dana PIP Kemdikbud

 

Saat ini kita semakin mudah cek dana PIP dari kemdikbud. Pasalnya sudah tersedia secara online.

Dengan begini menjadi lebih transparan. Baik orang tua, murid, guru, dan OPS bisa mencek masing-masing.

Meskipun begitu, proses pencairan tetap harus koordinasi dengan pihak sekolah. Karena ada berkaitan dengan beberapa berkas dan cek data yang hanya bisa dari sekolah.

Nah untuk itu simak 2 cara berikut untuk cek dana pip kemdikbud.

Cara #1: melalui menu pencarian di website pip.kemdikbud.go.id

Cara ini bisa digunakan siapa saja, baik orang tua, peserta didik, maupun guru. Yang penting memiliki data NISN, tanggal lahir serta nama ibu kandung.

Langkah pertama, masuk dulu ke https://pip.kemdikbud.go.id/home/cek_nisn. Kemudian masukkan NISN, tanggal lahir anak (Tahun/bulan/tanggal) dan juga nama ibu kandung. Kemudian klik tombol cari.

Jika mendapat bantuan PIP maka akan tampil data seperti gambar berikut.

Jadi di sini, kita hanya bisa mengetahui apakah masuk program PIP pada tahun tersebut. Tetapi belum diketahui dapat pada tahap berapa dan apakah dananya sudah cair, atau apakah sudah aktivasi akun.

Selain itu, data tersebut belum bearti sudah pasti dana PIP nya masuk ke rekening peserta didik. Pastikan dulu dengan meminta informasi di sekolah. Karena operator sekolah lebih rinci memiliki data, mulai tahap pencairan dan peng SK-an, contoh seperti berikut.

Jadi walupun di data web mendapat PIP, belum tentu di SK kan. Selama belum ada SK terbit, maka tidak akan ada dana PIP nya masuk ke rekening anak.

Cara #2: cek melalui login operator sekolah

Cara kedua ini hanya bisa diakses oleh operator sekolah. Caranya buka https://pip.kemdikbud.go.id/home/.

Kemudian klik login di samping kanan atas. Atau bisa juga langsung klik di sini https://pip.kemdikbud.go.id/session.

Selanjutnya pada kotak Login sebagai pilih Sekolah.

Setelah memilih Sekolahkemudian klik login SSO Dapodik. Selanjutnya masukkan username dan password Dapodik, dan pilih Masuk.

Jika berhasil login, maka tampilan halamannya utama seperti berikut ini.

Pada menu siswa, klik tahun yang ingin dicari, kemudian untuk tahap dan status pencairan pilih semua saja. Nanti akan muncul data pada bagian bawahnya.

Agar lebih mudah menganalisis, klik download.

Jika sudah didownload, buka file tersebut. Jika rekan menggunakan menggunakan browser chrome di dekstop/PC/laptop/komputer, maka klik panah kecil di samping file download-an.


Jika sudah terbuka, mari kita cek pada bagian tanggal cair dan statusnya. Kemudian periksa lagi pada bagian SK dan tanggal SK.

Nah dari sini bisa kita cek, memang terkadang ada nama yang statusnya sudah cair, namun ketika diperiksa SK dan tanggal SK masih kosong. artinya anak ybs belum mendapat dana PIP nya.

Penutup

Demikian cara cek dana PIP Kemdikbud. Dengan cara di atas, kita akan lebih mudah memantau pencairan PIP pada peserta didik.