Solusi Tidak Bisa Instal Add-on di Akun Pembelajaran [belajar.id]

Beberapa waktu lalu saya sudah membuat postingan cara membuat e-sertifikat dengan pengisian data dan kirim otomatis. Dalam postingan tersebut dijelaskan, salah satu aplikasi yang diperlukan adalah add-on Autocrat.  

Sayangnya nih, di akun pembelajaran atau belajar.id ini tidak bisa instal add-on tersebut. Ada notif di bagian bawah add-on yang kita pilih seperti gambar berikut.


Keterangan yang muncul adalah Penginstalan dinonaktifkan oleh admin. Sepertinya saat ini kita masih dibatasi untuk hal ini. Padahal add-on ini sangat bermanfaat dan sangat membantu kita. 

Lalu bagaimana solusinya?

Solusinya yang bisa saya tawarkan di sini adalah dengan menggunakan akun gratisan.

#Plak... 

"Yaelah bang... bang, kalau gini mestinya tak usah capek-capek baca postingan ini".

Mungkin rekan ada yang berpikir seperti itu. Tapi tunggu dulu, biar saya jelaskan.

Misalkan file yang kita buat sudah terlanjur di akun belajar.id gimana?

"Tinggal download bang, lalu upload lagi di akun gratisan!"

Nah awalnya saya lakuin begitu juga. Saya download dan mau saya upload di akun gratisan. Ternyata untuk file Google Form tidak bisa didownload.

Permasalahan yang kedua, saya coba memindahkan file sheet nya saja. Ternyata add-on Autocrat nya tidak bisa jalan.

Nah kita kan sudah capek-capek bikin file, dan ternyata tidak bisa dipakai. Mau bikin ulang, malas bangeeet.

Jangan khawatir, saya ada solusinya. Ambil kopi, duduk yang santai, tarik napas yang dalam, dan lanjutkan baca tulisan selanjutnya.

Baca juga:

Langkah-langkah berbagi file agar muncul Add-on

Solusi yang saya tawarkan di sini adalah kita berbagi link file ke akun yang gratisan. 

Sebagai contoh akun pembelajar saya taufikjunadie56@guru.sd.belajar.id. Sedangkan akun gratisan saya taufikjunaidie15@gmail.com.

Caranya bagaimana kita berbagi link?

Pertama-tama kita pergi Google Drive buka folder tempat kita menympan file yang akan kita bagikan. 

Kemudian klik kanan, lalu pilih Bagikan.

Kemudian kita masukkan email gratisan kita. Jangan lupa kotak di sampingnya setting menjadi Editor. Dan jika sudah, pilih Kirim.

Nah selanjutnya kita pergi ke email Google, yang akun gratisan kita. Nanti akan ada pesan klik masuk, isinya seperti gambar berikut. Silahkan klik Buka.

Perhatikan file yang kita buka, apakah masih di akun pembelajar? 

Jika masih, maka rubah dahulu dengan cara klik foto profil di pojok kanan atas, lalu cari akun gratisan kita pada bagian bawahnya, kemudian klik.

Jika kita klik akun gratisan kita, maka akan terbuka jendela baru, file dengan akun gratisan. Perhatikan foto profil pojok kanan atas, sudah berganti bukan?

Selanjutnya kalian lihat di kiri atas, ada logo Drive. Silahkan klik.

Setelah itu pilih Drive saya, kemudian pilih folder tempat menyimpan file tersebut. Jika belum ada, rekan bisa bikin dulu foldernya denga pergi ke Google Drive yang akun gratisan. 

Namun jika ada folder yang sudah ingin dituju, silahkan klik Tambah pintasan.

Selanjutnya kita pergi ke Drive yang menggunakan akun gratisan. Nanti tampilan  filenya seperti ini.

Setelah itu, silahkan coba file yang sudah kita dapatkan tadi. Dari sini kita bisa melanjutkan pekerjaan kita yang terkendala tidak bisa menambah add-on di Akun Pembelajar sebelumnya, tinggal tambahkan add-on.

Penutup

Demikian solusi tidak bisa instal add-on di akun pembelajaran. Dengan cara ini, jangan lagi pusing tidak bisa instal Add-on, dan kita dengan mudah membagikan file ke akun yang lain.