--> Skip to main content

Cara Mengetahui Nomor Kontak Operator Sekolah Asal Peserta Didik Pindahan


Nomor kontak sekolah asal peserta didik pindahan/ mutasi, sangat perlu kita ketahui. Terlebih nomor operator sekolahnya.

Namun sayangnya tidak semua sekolah mencantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi di dalam surat pindah. Padahal terkadang kita perlu mengontak sekolah tersebut.

Parahnya, jika mendekati batas catch off BOS. Sedangkan kita belum bisa menarik peserta didik tersebut, karena OPS di sana belum mengeluarkan dan menyinkron Dapodiknya.

Namun tenang saja, kita bisa mengetahui nomor kontak operator sekolah tersebut meski tidak diinfokan melalui surat pindah. Bagaimana caranya? Berikut langkah lengkapnya.

Note: Cara berikut akan membantu kita mengetahui email dan nomor kontak OPS. Terkecuali untuk nomor kontak, hanya tampil jika OPS di sana memasukkan data nomor kontak di Dapodiknya.

Cara ini dilakukan jika memang tidak ada jalan lain. Oleh karena itu usahakan sebelum menerima peserta didik pindahan,, pastikan membawa surat mutasi dari Dapodik.


Cara mengetahui nomor kontak operator sekolah

Langkah pertama cara mengetahui nomor kontak operator sekolah adalah dengan login ke laman sdm.kemdikbud. Silahkan login menggunakan email dan password Dapodik.

Selanjutnya, silahkan lihat menu bar atas. Pilih "Anggota", kemudian pilih "Rekap Menurut Instansi".

Tampilannya seperti berikut.


Setelah itu, agar lebih cepat menemukan data OPS nya, langsung saja ketik NPSN di dalam kotak yang letaknya di kiri atas.


Jika NPSN yang anda masukkan benar, maka akan tampil data awal seperti gambar di bawah ini.

Silahkan klik "Details" di samping kanan.


Tidak lama kemudian, anda akan disuguhkan data OPS, berupa nomor telpon dan lain-lain.


Mudah bukan?

Penutup

Demikian cara mengetahui nomor kontak operator sekolah asal peserta didik pindahan. Dengan begitu, anda tidak akan kebingungan jika ingin menghubungi sekolah asal berkaitan dengan Dapodik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar