Skip to main content

2 Cara Mengatasi Error Gagal Menyimpan Data Siswa di Dapodik


Mungkin kawan-kawan OPS juga ada ngalami Error Gagal menyimpan data siswa ketika mengimput ke Dapodik 2019.

Tulisan yang muncul seperti ini, "Error Gagal menyimpan, mohon isi form dengan benar. Field yang salah ditandai dengan kotak merah".



Padahal kita sudah mengisi form dengan benar, dan memeriksa berulang kali.

Jika anda mengalami masalah serupa, berikut 2 cara yang saya lakukan untuk mengatasinya.


Update tulisan tanggal 30 Agustus 2018 Jam 11.42.

Perlu diperhatikan:
  1. Selama mengimput data siswa baru, laptop jangan terkoneksi dengan internet. Beberapa kali saya ngalami Error Gagal nyimpan data peserta didik, setelah laptop terkoneksi internet dan melakukan browsing di jendela baru.
  2. Ketika ngisi form jangan lakukan hapus data dan mengosongkan data yang sudah diisi. Hal ini saya sadari ketika mengisi data "Anak ke-berapa (berdasarkan KK)", kemudian saya hapus. Setelah itu pas nyimpan, Dapodik saya error lagi.


Cara #1

Saya anggap anda sudah mengisi dengan benar form data siswa kelas 1 (satu).

Note: Dapodik 2019, hanya bisa mengimput data peserta didik kelas1, sedangkan keelas 2 s/d kelas 6 menu tambahnya dinonaktifkan.

Lanjut...

Solusinya pada bagian form Wali.

Saya yakin anda juga tidak mengisi untuk data wali, karena di Dapodik 2019 ini sudah tidak bertanda bintang merah di samping kotak, seperti Dapodik versi yang sebelumnya.

Di Dapodik 2019 ini, kita bisa menyimpan data siswa, meski wali tidak diisi. Ini buktinya.



Back to topic...

Jika anda sebelumnya juga tidak  mengisi data wali dan kemudian ngalami masalah yang sama, maka coba deh anda isi data walinya, dan lihat hasilnya.

Cara #2

Sudah diisi data wali, namun masih saja Error Gagal menyimpan data siswa? Saya sempat ngalami seperti ini juga.

Mari coba cara kedua seperti yang saya lakukan.

Pertama, hapus data browsing.

Caranya, jika anda juga memakai browser Chrome, klik tanda titik 3 yang ada dipojok kanan atas. Setelah itu pilih fitur lainnya, lalu pilih Hapus data browsing.


Sudah selesai?

Setelah itu bersihkan lagi dengan Clean Master.


Jika sudah selesai, silahkan coba input data peserta didik anda. Saya yakin anda akan berhasil menyimpan data peserta didik yang anda input.

Penutup

Demikian solusi Error Gagal menyimpan data siswa di Dapodik 2019. Jika cara ini bermanfaat, anda tidak perlu izin saya untuk menshare ke teman-teman yang mengalami masalah yang sama.

Oh ya, jika ada cara selain di atas, silahkan tambahkan di kolom komentar. Trims.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar