Skip to main content

Cara Efisien Translate Bahasa Asing Dibandingkan Kamus


Tidakkah luar biasa, jika kita bisa dengan mudahnya mengartikan/ translate bahasa asing (misalnya Bahasa Inggris), tanpa harus bolak balik halaman buku kamus yang menghabiskan banyak waktu.

Itu pun kalau ketemu kata yang dicari...

Apalagi jika ngartikan kalimat dan teks yang panjang... Haduh tambah #puyeng bin lama ?

Gitu cara kerja saya belajar bahasa Inggris zaman old.

Meskipun begitu, saat ini sebenarnya sudah ada aplikasi kamus translate android. Namun pengalaman saya memakai aplikasi tersebut memiliki kekurangan:
  • Tidak bisa menerjemahkan teks yang panjang (beberapa paragraf).
  • Kalaupun bisa nerjemahkan teks yang panjang (beberapa paragraf), semua paragraf nyambung.
  • Memakan ruang penyimpanan handphone.
Berikut ini saya sajikan cara zaman now, 1000 kali lebih cepat dan efisien dengan Google Translate (terjemahan Google). Meskipun media ini sudah lama, tetapi masih banyak yang belum tau.

Jika Anda termasuk orang yang belum tau dan mau tau, berikut cara lengkapnya.

Cara #1

Cara pertama, Anda bisa kunjungi langsung ke laman Google Translate (Terjemahan Google) dengan ketik alamat https://translate.google.com di kotak pencarian Google.

Tampilannya bisa Anda lihat seperti gambar di bawah ini.
Jika sudah masuk ke laman, silahkan langsung saja masukkan kata/ kalimat/ teks yang ingin ditranslate. Google Translate akan mendeteksi langsung bahasa apa yang Anda masukkan.

Silahkan tentukan ingin dialihkan menjadi bahasa apa dengan mengklik yang saya tandai dengan kotak merah samping kanan.

Hitungan detik, alih bahasa segera muncul di kotak bawahnya (jika membuka pake handphone).

Cara #2

Jika Anda malas nulis alamat url nya yang cukup panjang, berikut cara yang lebih singkat.

Buka Google dan ketik langsung di kotak pencarian dengan mengetik "translate bahasa".


Cara ini lebih ringkas, tanpa masuk ke laman Google Translate (Terjemahan Google).

Tampilannya seperti di bawah ini.

Silahkan tentukan bahasa yang ingin Anda translate dengan menekan tombol panah hitam kecil seperti di kotak merah yang atas. Sedangkan kotak merah yang bawah adalah untuk translate (alih bahasa) yang Anda inginkan.

Selanjutnya masukkan saja teks yang ingin Anda translate. Taraa.... Seketika translatenya akan muncul bagian bawah.

Uji Coba

Saya akan uji coba translate bahasa sebuah artikel berbahasa Inggris yang saya dapat dari BBC.com.
When you're used to sub-zero temperatures, 17C can feel downright balmy!

King penguins are active throughout the long summer days so they have to deal with a very uncharacteristic polar problem - sizzling heat!

Any effort can easily lead to overheating, so to combat the high temperatures, these heavily insulated birds stretch out on their stomachs so their feet can cool off in the breeze.

Chicks, in their downy winter coats, are at an even greater risk of overheating. Those too young to swim in open water find welcome relief with a quick splash around in a small river or with a trip to the penguin spa, complete with penguin 'mud packs'.

When it comes to the adult penguins, they enjoy nothing more than a bracing dip in the chilly Southern Ocean.

Watch the moment when Sir David Attenborough and BBC filmmakers captured this funny moment for the series Frozen Planet.

Even better, you can watch a further 1,000 more memorable moments, for free, anytime, on your smartphone or tablet, via Attenborough's Story of Life app, which is now available to download via Google Play, or Apple's app store.

Find out more at http://www.bbc.com/earth/storyoflife.

The Story of Life has been produced in collaboration with Sir David Attenborough, BBC Earth and ideas and innovation company AKQA.
Berikut hasil translate bahasa ke Bahasa Indonesia.
Ketika Anda terbiasa dengan suhu di bawah nol, 17C dapat terasa sangat nyaman!

Raja pinguin aktif sepanjang hari-hari musim panas yang panjang sehingga mereka harus berurusan dengan masalah kutub yang sangat tidak biasa - panas yang mendesis!

Setiap usaha dapat dengan mudah menyebabkan panas berlebih, sehingga untuk memerangi suhu tinggi, burung-burung yang sangat terisolasi ini berbaring di perut mereka sehingga kaki mereka dapat mendingin di udara sepoi-sepoi.

Anak-anak ayam, dalam mantel musim dingin yang berbulu halus, memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami overheating. Mereka yang terlalu muda untuk berenang di perairan terbuka merasa lega dengan cepat di sekitar sungai kecil atau dengan perjalanan ke spa penguin, lengkap dengan 'paket lumpur' penguin.

Ketika datang ke penguin dewasa, mereka tidak menikmati apa-apa selain mencuat di Laut Selatan yang dingin.

Tonton momen ketika Sir David Attenborough dan pembuat film BBC menangkap momen lucu ini untuk serial Frozen Planet.

Bahkan lebih baik lagi, Anda dapat menonton 1.000 momen lebih berkesan lainnya, gratis, kapan saja, di ponsel cerdas atau tablet Anda, melalui aplikasi Story of Life milik Attenborough, yang kini tersedia untuk diunduh melalui Google Play, atau toko aplikasi Apple.

Cari tahu lebih lanjut di http://www.bbc.com/earth/storyoflife.

The Story of Life telah diproduksi bekerja sama dengan Sir David Attenborough, BBC Earth dan ide dan perusahaan inovasi AKQA.
Bagaimana, sangat mudah kan?

Kendalanya hanya perubahan struktur diksinya. Sehingga beberapa kalimat terasa sedikit aneh membacanya.

Meskipun begitu, saya sangat terbantu dengan Google Translate ini.

Penutup

Dengan cara sederhana ini. Semoga bermanfaat dan menjadi ladang amal saya yang memudahkan Anda translate bahasa berbagai negara dengan keuntungan 1000 kali lebih cepat dan efisien dari pada buka kamus.

Jika ada cara selain di atas, boleh Anda tambahkan di kolom komentar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar